Thursday 28 June 2012

Trip Report Purwosari - Wonogiri

20 Februari 2011 
Awal rencana kami (3 orang termasuk saya), ingin mengikuti peresmian Railbus Solo dan Bus Tingkat Wisata Solo saat Carnaval HUT Kota Solo pada tanggal 20 Februari 2011. Sampai di Stasiun Purwosari kami menayakan kepada PKD "kapan peresmiannya dan bolehkah ikut naik???", dan jawabanya tidak boleh karena banyak direksi-direksi PT KAI yang ikut naik.

Maka daripada kecewa, kami berubah rencana Joy Ride ke Wonogiri naik KA Feeder Wonogiri (Sekarang telah tiada).  Ternyata Kereta tersebut terlambat dari jadwal semula 07.30 WIB menjadi 10.35 WIB. Selama menunggu tersebut kami mengambil foto di area Stasiun Purwosari.



Gambar-gambar yang telah diabadikan lewat Kamera HP :


Tiket Feeder Wonogiri (Rp 2.000,-)


Dari Arah Jalur 1 Masuk KA Wisata Sepur Kluthuk Jaladara
(09.00 WIB)


Lokomotif C1218 penarik 2 kereta wisata
(09:03 WIB)


Railbus Solo (Bathara Kresna) baru datang di Stasiun Solo Balapan
(09:48 WIB) 

Railbus Solo (Bathara Kresna)
(Taken Pic : 09:49 WIB) 

Railbus Solo (Bathara Kresna)
(09:50 WIB)


Setelah puas melihat-lihat Railbus Solo 35 menit kemudian datang KA Feeder Wonogiri  dengan transformasi Lokomotif BB+K3+K3+Gerbong semen dari arah Stasiun Solo Balapan masuk jalur 1 Stasiun Purwosari. Lima menit kemudian feeder diberagkatkan. 


Bus Tingkat Werkudara di Kawasan Sriwedari
(11.01 WIB)

Setelah menempuh perjalanan selama 2 Jam lebih akhirnya sampai di Stasiun Wonogiri :

Rangkaian KA Feeder yang telah dilansir dari jalur 2 ke jalur 1 Stasiun Wonogiri
(13.:05 WIB)

Tuas Pengatur Sinyal Stasiun Wonogiri
(13:07 WIB)

Papan Nama Stasiun Wonogiri
(13:08 WIB)

Setelah mangambil foto tentunya perut minta diisi dan kami makan nasi pecel yang enak di Stasiun ini. Jam 14:00 WIB KA Feeder Wonogiri diberangkatkan.

Tetap Rp 2.000,-


Jam 15:21 WIB KA Feeder BLB di Stasiun Solo Kota (Sangkrah) disambut hujan deras. BLB di Solo Kota dikarenakan petak antara Solo Kota dengan Purwosari belum aman karena Railbus Solo masih di rel disamping Jl. Slamet Riyadi untuk Peresmian. Banyak penumpang yang dialihkan menggunakan Bus Pemkot Solo ke Stasiun Jebres untuk naik KA Senja Bengawan. 1 jam lebih kami menunggu feeder belum jalan juga kami memutuskan berjalan kaki menelusuri rel. 

Sinyal Masuk Stasiun Solo Kota dari arah Purwosari / Terlihat sudah memakai bantalan beton dan terlihat jauh disana KA Feeder Wonogiri
(16:42 WIB)

Baru sampai perempatan Beteng terdengar semboyan 35 dari arah belakang, kami pun naik untuk kembali ke Stasiun Purwosari. Di jalan kami berpapasan dengan Carnaval Solo dan kemacetan di belakngnya. Ooo ya kejadian yang lucu terjadi disini penonton tidak melihat Carnaval tetapi malah melihat rangkaian kereta.


Kemacetan Setelah Carnaval
(17:09 WIB)


Beberapa video yang telah diabadikan (Maaf kalo jelek hanya lewat HP) :

No comments:

Post a Comment