Tuesday 7 August 2012

Trip Report to Sukoharjo with Railbus Bathara Kresna

Setelah tidak bisa mengikuti perjalanan perdana Railbus pada tanggal 5 Agustus 2012, akhirnya bisa mengikuti perjalanan dengan railbus tanggal 7 Agustus 2012.
Railbus Bathara Kresna Pws-Skh Rp 10.000,-
Sedikit terlambat datangnya dari Solo Balapan yakni jam 06.06 WIB menyebabkan keberangkatan Railbus menjadi jam 06.13 WIB dari jadwal semula 06.07 WIB.
Stasiun Purwosari
Railbus masuk jalur 1 Stasiun Purwosari
Uniknya perjalanan dengan menggunakan railbus adalah transportasi ini langsung bersinggungan dengan moda lain, karena jalur rel ini berdampingan dengan jalan protokol Kota Solo (Jl. Slamet Riyadi). Mungkin di luar negeri tidak unik tetapi untuk Indonesia ini terbilang unik dan "masih" satu-satunya di Indonesia.
Rel Bengkong
Railbus melewati Rel Bengkong Purwosari
Untuk keselamatan pengguna railbus dan transportasi lainnya, kecepatan railbus di dalam kota maksimal 20 km/jam. Sampai sepeda onthelpun bisa "membalap" railbus ini (Lihat Videonya). 

Tepat pukul 06.31 WIB, railbus Bathara Kresna berjalan langsung di Stasiun Solo Kota. Setelah melewati Stasiun Solo Kota, aku berbincang-bincang dengan KP Railbus (Bpk Sugiyo) dan Pegawai INKA. Katanya kemarin (tgl 6 Agustus 2012) penumpang dari Stasiun Purwosari menuju Sukoharjo tidak ada alias kosong melompong. Tetapi untuk pemberangkatan ke Jogjakarta lumayan. Untuk pemberangkatan hari ini hanya 3 penumpang termasuk aku.
Stasiun Solokota
Langsung Stasiun Solo Kota
Setelah berbincang-bincang, akupun menikmati perjalanan yang kanan kirinya pematang sawah. Kecepatan di petak antara Stasiun Solo Kota-Sukoharjo maksimal masih 30km/jam, karena masih ada 3 jembatan yang diperbaiki dan 5 pjl belum bisa difungsikan. Setelah perjalanan kurang lebih 50menit, railbus tiba di Stasiun Sukoharjo pukul 07.03 WIB.

Stasiun Sukoharjo
Tiba di Stasiun Sukoharjo
Turun dari railbus langsung menuju loket untuk membeli tiket balik ke Purwosari, yang menurut jadwal berangkat jam 07.45 WIB. Masih sekitar 35 menit lagi, aku memiilih untuk memfoto Stasiun Sukoharjo. Dua jalur di stasiun ini penuh, jalur 1 untuk stabling gerbong kricak dan jalur 2 untuk Railbus. Untuk lebih lengkap melihat foto-fotonya KLIK DISINI.
Tiket
Stasiun Sukoharjo
Jadwal Railbus
Stasiun Sukoharjo
Railbus di Stasiun Sukoharjo
Tepat pukul 07.45 WIB, Raibus Bathara Kresna diberangkatkan dari Jalur 2 Stasiun Sukoharjo. 16menit berjalan (08.01WIB), railbus melewati Halte Kalisamin. Jika Feeder Wonogiri masih jalan, feeder akan berhenti untuk menaikturunkan penumpang.  Tak berapa lam pukul 08.10 WIB railbus melewati Halte Kronelan.
Halte Kalisamin
Halte Kalisamin
Halte Kronelan
Halte Kronelan
Setelah Halte Kronelan, Railbus berjalan langsung di jalur 2 Stasiun Solo Kota pukul 08.19 WIB dan bersiap-siap melewati Jl. Slamet Riyadi. Beda dengan keberangkatan tadi yang masih pagi jalan begitu lengang, pas perjalanan pulang ini jalan begitu padat dan masinis lebih sering membunyikan Semboyan35nya. Sesudah melewati Sinyal masuk Stasiun Purwosari terlihat berjalan langsung di Jalur 3 kereta api Lodaya dari Solo Balapan tujuan Bandung.

Sinyal Masuk Stasiun Solokota
Sinyal Masuk Stasiun Solo Kota
Stasiun Solokota
PPKA Stasiun Solo Kota
Solo Grand Mall
Solo Grand Mall
Sinyal Masuk Stasiun Purwosari
Sinyal Masuk Stasiun Purwosari
Stasiun Purwosari
Madiun Jaya Ekonomi, PPKA Stasiun Purwosari
 dan Railbus Bathara Kresna
Railbus tiba di Stasiun Purwosari pukul 08.37 WIB, empat menit kemudian masuklah Madiun Jaya Ekonomi dari Madiun tujuan akhir Yogyakarta. Tepat pukul 09.00WIB, Railbus Bathara Kresna tujuan akhir Stasiun Tugu Yogyakarta berangkat dari Jalur 1 Stasiun Purwosari. Berakhirlah perjalanan singkat ini dengan menggunakan railbus Bathara Kresna.

No comments:

Post a Comment