Tuesday, 31 July 2012

Trip Report to Malang with Malabar Ekspres

23 Maret 2012

Sebenarnya berharap mendapatkan tiket promo Malabar tetapi setelah tanya di Customer Service dan di loket petugasnya bilang sudah habis yaa tak apalah yang penting bisa keangkut ke Malang. Tanggal 22 Maret 2012 jam 23.30 aku udah tiba di Stasiun Solo Balapan, dan langsung tanya ke PKD posisi Malabar. Ternyata Malabar belum masuk Yogyakarta, dalam hati (bakalan telat nih sampe Solo) dan dugaan saya bener sampe Solo Balapan jam 00.52. WIB. Rangkaian KA Malabar Ekspres Malam itu adalah Lokomotif CC 201 + KPembangkit + 1 K1 Ombak Lumpur + 2 K1 striping biru + 1 KMakan + 3 K2 + 2 K3 Nutrisari + 1 KBagasi. Kereta yang aku dapat K3-1 yang berarti di belakang K2,  setelah ketemu nomor tempat duduk yang tertera di tiket tetapi tempat duduk yang seharusnya aku duduki ternyata "diduduki" sebuah keluarga kecil. Dengan perlahan-lahan aku minta untuk pindah tempat duduk dan mereka pun akhinya mau. Okupansi kereta ini cukup bagus sekitar 90 - 95  untuk setiap kelasnya.
Tiket Malabar (K3 / Solobalapan - Malang)
Rp 120.000,-


Kereta pun berangkat 5 menit kemudian dan di Stasiun Solo Jebres mendahului KA Kahuripan yang seharusnya berada jauh di depannya. Sebenarnya aku udah mencatat PerKAnya tetapi sampai sekarang belum menemukannya. 


Langsung saja pada pagi harinya karena mau foto-foto tidak mencukupi cahaya, hanya ini saja yang terekam di memori foto dan video-videonya.
Malabar
Petak Stasiun Ngunut - Stasiun Rejotangan 05:16

Malabar
Petak Stasiun Ngunut - Stasiun Rejotangan 05:16

Malabar
Berjalan Langsung
Stasiun Rejotangan 05:17

Malabar
Petak Stasiun Rejotangan - Stasiun Blitar 05:19

Petak Stasiun Rejotangan - Stasiun Blitar 05:21

Malabar
Stasiun Blitar 05:40

Malabar
Stasiun Blitar 05:39

Berangkat dari Stasiun Blitar 05:41



Petak Stasiun Kepanjen - Stasiun Pakisaji 06:40



Malabar
Petak Stasiun Pakisaji - Stasiun Malang Kota Lama 07:16


Malabar
Petak Stasiun Malang Kota Lama - Stasiun Malang (Sinyal Masuk) 07:24

Masuk Stasiun Malang 07:25

Kesimpulannya setelah naik Kereta Malabar Ekspres :
  1. Termasuk tepat karena berangkat 00:57 telat 27 menit dari jadwal 00:30 (Sta. Solo Balapan) dan masuk Stasiun Malang jam 07:25 yang seharusnya 07:04 (selisih 21 menit). Jadi kereta ini bisa memotong waktu 6 menit.
  2. Okupansi yang tinggi 90-95 % per kereta, apalagi K3 yang mungkin 100%.
  3. Pemandangan yang sangat indah, perlu dicoba lagi.
  4. Kalo ketemu PerKAnya bakal aku edit lagi.

No comments:

Post a Comment